Rumusan PPM dan CPL PSSTS

Rumusan profil profesi mandiri (PPM) PSSTS adalah sebagai berikut:

Engineer yang mampu melakukan perencanaan, perancangan, pengawasan, pelaksanaan, dan operator lingkungan binaan di bidang teknik sipil.

Asisten Peneliti yang mampu meneliti, mencipta, dan mengintegrasikan ide dan teknologi bidang teknik sipil.

Manajer yang mampu menjadi pengelola dan pemimpin diskusi dan pengambilan keputusan bidang teknik sipil dan kebijakan publik.


Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) PSSTS adalah sebagai berikut:

CPL1 : Mampu menerapkan pengetahuan matematika dan ilmu pengetahuan alam dan/atau material, serta teknologi informasi yang relevan dengan bidang teknik sipil.

CPL2 : Mampu mendesain komponen, sistem dan/ atau proses dalam bidang teknik sipil yang layak diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan yang ditentukan.

CPL3 : Mampu mendesain dan melakukan eksperimen menggunakan metodologi yang benar, menganalisis dan mengartikan data dengan akurat.

CPL4 : Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan kompleks dalam bidang teknik sipil.

CPL5 : Mampu menggunakan metode, keterampilan, peralatan modern dan piranti lunak yang diperlukan dalam bidang teknik sipil.

CPL6 : Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan.

CPL7 : Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas yang diberikan berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

CPL8 : Mampu bekerja sama dalam tim berbagai disiplin dan budaya.

CPL9 : Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam menjalankan pekerjaan di bidang teknik sipil.

CPL10: Mampu mengikuti pembelajaran sepanjang hayat dan perkembangan pengetahuan terkini yang relevan.

CPL11 : Memiliki kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi terhadap aspek keamanan, keselamatan, kesehatan, lingkungan dan sosial budaya.

CPL12: Memiliki pemahaman terhadap operasi bisnis, hubungan bisnis dan kewirausahaan.